Jumat, 19 Oktober 2012

LOMBA SYARKHIL MTS FATAHILLAH SINDANG ANOM


Assalamu’alaikum WR.WB
Para pemuda harapan bangsa, para pemudi harapan pertiwi yang kami hormati...
Al-muhaddots as-syekh muqbil bin hadi dalam kitab shohih asbab berkata, Ibnu Abbas menjelaskan bahwa pengharaman khamar berawal dari dua kabilah, dari kabilah anshor. Mereka meminumnya hingga apabila dia telah mabuk maka mereka akan saling mengganggu. Hingga turun firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 219 yang berbunyi:
y7tRqè=t«ó¡o ÇÆtã ̍ôJyø9$# ÎŽÅ£÷yJø9$#ur ( ö@è% !$yJÎgŠÏù ÖNøOÎ) ׎Î7Ÿ2 ßìÏÿ»oYtBur Ĩ$¨Z=Ï9 !$yJßgßJøOÎ)ur çŽt9ò2r& `ÏB $yJÎgÏèøÿ¯R 3 štRqè=t«ó¡our #sŒ$tB tbqà)ÏÿZムÈ@è% uqøÿyèø9$# 3 šÏ9ºxx. ßûÎiüt7ムª!$# ãNä3s9 ÏM»tƒFy$# öNà6¯=yès9 tbr㍩3xÿtFs? ÇËÊÒÈ
Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang khamar[136] dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,
Hadirin Rohimakumullah
Demikian pertama kali Allah menjelaskan tentang pengharaman khamar kepada kita semua sebagai hambanya, untuk mengantisipasi penyalahgunaan benda haram tersebut maka “BAHAYA NARKOBA BAGI REMAJA” adalah tema yang akan kita uraikan dalam kesempatan ini berikut penjelasannya.
The National Institut Of Drugs Absute , Suatu lembaga dari Amerika menjelaskan bahwa masyarakat Amerika merupakan “Drugs Orintiet Soecity” suatu masyarakat yang berorientasi pada narkotika, psikotropika, alkohol dan zat aditif yang dinamakan napza. Maka satu dari enam pelajar masyarakat Amerika tenggelam kedalam penyalahgunaan napza.
Dr.H. Dadang Hawari mengatakan, 68 % masyarakat Indonesia terjerumus kedalam penyalahgunaan napza. Banyak anak-anak pemuda yang tenggelam dalam mabuk-mabukan, tenggak wisky, brandy, sampagne, vodka, AO, martini, KTI, bir. Banyak anak-anak muda kita yang terjerumus pada budaya telan BK, niavm, magadon, cimeng, heroin, kokain, adam, lob dove, triple x, sabu-sabu bahkan banyak anak-anak muda kita yang mati dari ujung lidahnya hanya 2 kata yang terucap.”GANJA... MORVIN..... GANJA....MORVIN” MERINTIH, MEMOHON, MEMANGGIL GANJA DAN MORVIN sampai dia mati tanpa iman, Na’udzubillahi mindzalik.
Para hadirin Rahimakumullah.
Prof. Dr. M. Quraisy Syihab dalam karyanya tafsir al-misbah menjelaskan bahwa ayat yang baru kita simak ini isyarat kuat tentang keharamnya sudah sangat jelas, namun, belum juga jelas hingga turunlah Firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 90-91 yang berbunyi:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä $yJ¯RÎ) ãôJsƒø:$# çŽÅ£øŠyJø9$#ur Ü>$|ÁRF{$#ur ãN»s9øF{$#ur Ó§ô_Í ô`ÏiB È@yJtã Ç`»sÜø¤±9$# çnqç7Ï^tGô_$$sù öNä3ª=yès9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÒÉÈ $yJ¯RÎ) ߃̍ムß`»sÜø¤±9$# br& yìÏ%qムãNä3uZ÷t/ nourºyyèø9$# uä!$ŸÒøót7ø9$#ur Îû ̍÷Ksƒø:$# ÎŽÅ£÷yJø9$#ur öNä.£ÝÁtƒur `tã ̍ø.ÏŒ «!$# Ç`tãur Ío4qn=¢Á9$# ( ö@ygsù LäêRr& tbqåktJZB ÇÒÊÈ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).
Para hadirin Rahimakumullah.
Mari kita kaji lebih dalam”In-nama” dalam segi balaghoh merupakan “Adatul Qoshri” yang berfungsi untuk menspesifikasikan. Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi khamar betul-betul lebih buruk dari pada perbuatan syetan. Padahal kita tahu semua perbuatan syetan itu jelek, tapi mengonsumsi khamar lebih jelak dari pada perbuatan jeleknya syetan, mengapa demikian! Karena mengonsumsi khamar baik dalam bentuk serbuk, pil maupun minuman mengandung zat substansi yang dapat merusak jiwa dan mental manusia, dengan mengonsumsi khamar orang yang gemuk bisa jadi kurus kerempeng apalagi yang sudah ceking, dengan mengonsumsi khamar akal dan mental menjadi rusak. Maka para pemuda pencandu narkoba bukan memiliki mental pelopor tetapi memiliki mental-mental pengekor, kemana-mana maunya naik montor padahal kerja Cuma molor, disiplin hanya waktu dibagi honor. Mental ini para hadirin merupakan amalan-amalan syaitan bahkan “RIJSUM MIN AMALISY SYAITHON” lebih buruk daripada perbuatan syetan.
Hadirin Rahimakumullah
Mari kita tingkatkan ukhuwah wathoniyah, ukhuwah islamiah, untuk mengantisipasi pengharaman Napza, miras dan judi. Semoga kita semua yang ada disini selalu dalam lindungan Allah SWT.Amin ya Robbal Alamin....
Wassalamu’alaikum WR.WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar